Football News

Klopp: Liverpool Harus Mewaspadai Serangan Balik City

Jurgen Klopp yakin bahwa Liverpool harus waspada serangan balik dari pihak Manchester City, terutama ketika sang lawan berambisi untuk mencapai babak semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2008.

Pada leg pertama babak perempat final, Liverpool memang sukses mengakhiri pertandingan dengan skor telak 3-0. Tak ayal, laga yang dilangsungkan di Stadion Etihad hari Selasa lalu waktu setempat, turut membuat tercengang para pelatih dari kedua tim. Hal ini sekaligus menjadikan Liverpool sebagai salah satu tim yang belum pernah tersingkir dari liga benua ERopa usai mencetak 3 gol fantastis di leg pertama. Pun begitu, tim asuhan Klopp, berhasil unggul 3 gol pada babak penyisihan grup ketika City mencetak setidaknya 3 gol di sepanjang 12 pertandingan kandang mereka pada musim ini. Sang pelatih Liverpool berharap, tim asuhan Pep Guardiola akan memulai laga dengan intensitas yang sama seperti yang mereka lakukan saat bertanding dengan Manchester United hari Sabtu.

“Saya tak perlu mengingatkan pemain tentang laga tertentu,” ujarnya, merujuk ke laga kontra Sevilla. “Tapi, saya menyaksikan laga City vs United di akhir pekan lalu. Laga itu adalah salah satu laga babak pertama terbaik yang pernah saya saksikan, mirip seperti badai. Kemudian, pada babak kedua, mereka merubah permainan. Setelah gol pertama [United], satu tim mendapat irama permainan, sementara tim yang lain kehilangan irama ini.”

“Kita bisa mempertimbangkan semua skenario – mereka mencetak gol di awal, kami mencetak gol di awal, semuanya – tapi ini bukanlah rencananya. Saya bisa saja berkata ke pemain ‘Cetak lebih awal!’, tapi saya tak yakin ini akan membantu sama sekali. Kami harus berpikir tentang sepakbola – yang harus kami lakukan, kami harus melakukannya. Ini babak pertama. Ini akan sama seperti babak pertama di Anfield: permainan belum berakhir. Kami di posisi yang unggul. Tapi, berada di posisi ini bukan berarti sudah menang. Kami berada di posisi unggul, tapi kami sejauh ini belum menang. Kami butuh sedikit lagi dari pertandingan ini.”

Sang pelatih Liverpool bersikukuh atas rencananya ‘untuk memenangkan pertandingan’ dan akan menjadi sebuah kesalahan untuk mencoba mempertahankan unggul 3-0 atas City. Terlepas dari keunggulan mereka dan kesuksesan mereka menahan City, Klopp meyakinkan bahwa tidak ada tekanan berlebih yang dialami para pemainnya. “Saya selalu meyakini kedua leg sebagai satu pertandingan.”

“Kami unggul 3-0. Ini lebih baik dari harapan saya. Jika Anda mengatakan kepada saya 10 hari lalu bahwa ini mungkin, bisa saja saya berkata, “Jangan berpikir demikian.” Saya tidak membebani pemain saya terlalu banyak. Kami sudah dekat. Situasi kami sekarang tidaklah yang termudah di dunia sepakbola. Kami tidak bermain dengan seluruh pemain, tapi kami tetap bersama dan hendak melangkah sejauh mungkin.

Kapten Liverpool, Jordan Henderson, diprediksi tidak akan mengambil bagian dalam pertandingan Liverpool mendatang melawan City. Hal ini dikarenakan dirinya sedang dalam masa penangguhan untuk laga leg kedua. Sementara itu, sang pencetak gol terbanyak, Mohamed Salah terpaksa harus melewatkan derbi Merseyside pada hari Sabtu waktu setempat. Namun, sang pemain kelahiran Mesir tersebut dikabarkan telah berlatih di Melwood pada hari Senin lalu dan dikabarkan akan berlaga di Stadion Etihad. Terkait hal ini, Klopp berujar, “Dia dan Alberto Moreno berlatih dengan pelatih atlektik kemarin dan setelah latihan tersebut, keduanya berkata, “Kami akan baik-baik saja.” Kami harus melihat kondisinya setelah sesi.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close