Football News

Gagalnya Conte dan Chelsea di Musim Ini

Pelatih tim Chelsea, Antonio Conte, mengakui bahwa ia telah membuat kesalahan musim ini,  namun ketika ditanya perihal kegagalan Chelsea untuk meraih posisi 4 besar, ia mengatakan bahwa keslahan tersebut harus turut dilimpahkan kepada semua pihak terkait, termasuk para pemain dan hierarki klub.

Performa Chelsea memang memburuk belakangan ini. Di posisi mereka sekarang, Chelsea hanya terpaut 10 poin di bawah Liverpool dan Tottenham dengan hanya mengoleksi 3 kemenangan di sepanjang kompetisi. Mereka pun tercatat hanya menang 1 kali sejak akhir Oktober lalu dalam pertandingan melawan Manchester United. Sejak saat itu, performa tim asuhan Conte memang terlihat menurun secara drastis. Bahkan tidak jarang para pengamat memberikan kritik atas tidak membaiknya kinerja para pemain Chelsea meski mereka semua menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres yang sedang terjadi.

Performa yang memburuk ini diyakini memberi tekanan besar pada sang pelatih. Ia sempat dikabarkan akan hengkang dari Stamfordd Brige pada musim panas nanti. “Sulit untuk menjelaskan alasan kami berjuang dengan cara ini di musim ini,” ujar Conte. “Ada banyak alasan. Tapi sekarang bukan tempat atau saat yang tepat untuk membicarakan hal ini. Satu-satunya hal yang bisa kami lakukan adalah mencoba menyelesaikan kompetisi dengan cara terbaik. Yang pastinya, kami membuat banyak kesalahan di sepanjang musim ini. Jika saya berbicara tentang banyak kesalahan, saya merujuk ke diri saya sendiri, para staff, pemain, dan klub. Satu hal yang pasit, kami harus merefleksikan hal ini di akhir musim kelak.”

“Jika kami tidak layak bertanding di Liga CHampions, ini artinya kami harus saling berbagi ruang di kesalahan ini, juga bersama dengan para pemain. Kami harus siap berbagi tanggungjawab. Saya yang pertama untuk mengambil tanggungjawab ini. Kemudian, klub. Kemudian para pemain. Dalam dunia sepakbola, dan setiap pekerjaan secara umum, hal ini wajar dilakukan. Kami harus putus asa. Saya, staff saya, para pemain, dan klub untuk musim ini. Anda fmengawali musim dengan harapan yang besar. Tapi yang sebenarnya terjadi kami malah berjuang habis-habisan untuk banyak alasan.”

Ketika ditanya perihal kesalahan apa yang telah dibuatnya, Conte menambahkan, “Ketika Anda bermain di musim semacam ini, Anda harus saling berbagi tanggungjawab, bukan hanya dilimpahkan ke sang pemimpin. Saya pelatih tim ini. Saya orang pertama yang harus mengambil tanggungjawab. Tapi, satu hal yang pasti, saya tidak sendirian. Kini adalah saat yang tepat untuk mendiskusikan hal ini. Bagi kami, hal yang paling penting adalah untuk fokus pada waktu sekarang. Kemudian pihak klub, yang pastinnya, saling bekerja untuk memastikan masa depan.”

“Setiap orang harus menemukan hasrat yang benar dalam diri mereka, kemauan untuk bertanding. Masih tersisa 6 pertandingan dan kami masih punya laga semifinal di PIala FA. Ada kemungkinan untuk mencapai laga final untuk kedua kalinya berturut-turut. Saya tahu para pemain saya. Saya percaya mereka. Saya memilih untuk yakin bahwa semua orang akan memberikan kemampuan terbaik mereka untuk laga-laga mendatang.”

Dengan hanya sedikit pertandingan yang tersisa, memang pemain Chelsea tidak punya pilihan lain selain bermain dengan cara yang terbaik yang mereka tahu. Jika tidak, tidak ada yang tahu pasti dimana Chelsea akan berakhir di penghujung musim ini. Sang pelatih, Conte, punya tugas dan tanggungjawab yang besar untuk memastikan bahwa tim asuhannya akan tetap menjadi bagian dari salah satu tim sepakbola elite dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

spbo
Close