Football News

Beberapa Catatan Rekor Manchester City

Resmi sudah! Tim asuhan Pep Guardiola berhasil membawa pulang gelar Juara Liga Primer usai kekalahan 0-1 yang diderita Manchester United dari laga kandang melawan West Brom pada hari Minggu waktu setempat.

Kekalahan mengejutkan yang diderita Manchester United dari West Brom hari Minggu lalu waktu setempat mengantarkan tim asuhan Pep Guardiola, yang sebelumnya sudah mengalahkan Tottenham dengan skor 3-1 malam sebelumnya, ke selisih 16 poin di puncak klasemen Liga Primer dengan hanya menyisakan 5 pertandingan untuk dijalani.

Sepanjang sejarah, hanya Manchester United (musim 1907-08 dan 2000-01) serta Everton (musim 1984-85) yang pernah mendapat gelar ini dengan hanya sisa 5 pertandingan. Sementara itu, catatan ini sekaligus menjadikan Guardiola sebagai pelatih berdarah Spanyol pertama yang memenangkan gelar prestisius dunia sepakbola Inggris.

Di samping performa mereka yang mengagumkan di Liga Primer musim ini, ternyata City masih punya beberapa catatan mengagumkan lainnya sebagaimana yang kami rangkum berikut.

Kemenangan

Sejauh ini, Manchester City telah memenangkan 28 pertandingan musim ini. Catatan ini sekaligus menempatkan mereka selisih 2 laga dari catatan Chelsea yang pernah mengoleksi 30 laga.

Pada musim 2016-17, The Blues hanya gagal mengoleksi 3 poin dari 9 kesempatan, namun tampaknya tak lama lagi para pemain asuhan Guardiola akan berhasil memecahkan catatan ini dengan sisa pertandingan yang harus mereka lakoni melawan Swansea City, Huddersfield Town, West Ham, Southampton, serta yang terakhir Brighton & Hove Albion.

Terlebih, mereka bisa saja memecahkan rekor kemenangan klub di sepanjang musim, yang hingga saat ini masih dipegang oleh Tottenham Hotspur dengan catatan 31 kemenangan di musim 1960-61.

Menang Kandang

Di Musim 2004-05, Chelsea mencatata 15 kali kemenangan tandang. Prestasi ini menjadikan The Blues satu-satunya tim yang mampu melakukan hal tersebut di sepanjang sejarah Liga Primer.

Jika catatan ini dibandingkan dengan City, mereka telah berhasil memenangkan 14 pertandingan tandang. Dengan jumlah ini, mereka bisa saja dengan mudah mengamankan 2 kali kemenangan tandang lagi dan memecahkan rekor Chelsea.

Poin

Di musim 2004-05, Chelsea berhasil mengumpulkan 95 poin dan hingga kini belum ada satu timpun yang berhasil menyaingi catatan ini.

Sementara itu, City yang hingga kini berhasil mengoleksi 87 poin akan dengan mudah menggapi 102 poin jika mereka berhasil memenangkan sisa 5 pertandingan lagi. Jika hal ini terjadi, jumlah gol tersebut akan menjadikan City sebagai satu-satunya tim sepanjang sejarah liga prestisius di tanah Inggris yang pernah mencapai 100 poin.

Dengan pertimbangan perolehan 3 poin di setiap kemenangann mendatang, City akan berada di puncak setelah 33 laga di sepanjang kompetisi di tanah Inggris. Catatan ini sebelumnya dipegang oleh Chelsea dengan 82 poin di musim 2004-05 dan 2005-06.

Poin Kandang

Chelsea berhasil mencetak 48 poin di sepanjang musim 2004-05 dan sejauh ini City baru berhasil memperoleh 44 poin. Cukup dengan memperoleh kemenangan atas West Ham dan Southampton, City akan mencatatakan 50 poin, sekaligus menjadikan mereka pemegang rekor terbaru.

Gol Tercetak

Chelsea berhasil mencetak 103 gol di musim 2009-10 dan City sejauh ini berhasil mencetak 93 gol. Jika mereka mempertahankan performa mereka seperti yang sekarang, bukan tidak mungkin mereka akan kembali memecahkan rekor Chelsea.

Selisih gol dari posisi kedua

Dengan unggul 16 poin di atas Manchester United, City punya peluang untuk mencatat rekor selisih poin terbesar dari posisi kedua di klasemen. Saat ini catatan ini masih dipegang oleh Manchester United yang berhasil unggul 18 poin atas Arsenal di musim 1999-2000 yang kala itu menduduki peringkat kedua klasemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close